Saturday, October 13, 2012

BELAJAR DARI ALAM




Kehidupan ini bukan sekedar untuk dinikmati atau disesali, tetapi harus dijalani hari demi hari seperti alam semesta yang selalu bergerak dan berubah untuk mencapai keseimbangan  baru.

Kesamaan Alam dengan Manusia
Sebagai contoh :
Sekitar 70% permukaan bumi tertutup air, sisanya adalah daratan. Demikian juga manusia 70% tubuh manusia adalah air.
Suhu atmosfir bumi berada dalam keadaan konstan, demikian juga tubuh manusia.
Murray Gell-Mann (pemenang hadiah Nobel) yang menemukan Teori Kompleksitas mengatakan bahwa segala sesuatu disekeliling kita merupakan suatu sistem yang adaptif dan dapat mengatur dirinya sendiri.

Belajar dari Sifat Alam
Sumber Daya Terbatas, Potensi Tak Terbatas
Kita sebagai manusia dapat menciptakan banyak hal dari sumber daya yang terbatas dengan melakukan proses kreativitas. Inilah kuasa yang diberikan Tuhan kepada kita. Apapun keterbatasan kita, namun kita masih memiliki potensi untuk menciptakan berbagai hal, termasuk keberhasilan dan kebahagiaan dalam hidup ini.

Alam Senantiasa Mengalami Perubahan
Alam selalu dinamis, bergerak, dan berubah. Demikian juga dengan manusia, hidup dan berubah dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, dalam memandang berbagai situasi atau kesulitan hidup, kita harus melihatnya sebagai proses belajar dan bertumbuh ke arah yang lebih baik.

Alam Mengalami Berbagai Malapetaka
Kita harus senantiasa mengambil hikmah dan belajar dari setiap perubahan atau malapetaka yang terjadi dalam kehidupan kita seperti alam yang selalu dapat bertahan dan membentuk keseimbangan baru yang lebih baik.


No comments:

Post a Comment