Thursday, October 18, 2012

Cerita Yang Tercecer Dari Pengalaman Mengikuti Misi Perdamaian PBB di Darfur Sudan (6)




Medal parade dan Contingent Meeting

Medal Parade adalah sebuah upacara menganugerahan medali perserikatan bangsa bangsa untuk setiap personil pasukan perdamaian yang bertugas di suatu daerah misi PBB. Medali ini ditujukan untuk memberikan apresiasi atau penghargaan terhadap semua personil yang bertugas di sebuah misi paling tidak selama 6 bulan.

Sekretaris Jendral PBB, pada tanggal 16 Pebruari 1966 mengeluarkan sebuah keputusan No: ST/SGB/119/Rev1 yang berisi tentang penerbitan sebuah medali yang akan diberikan kepada setiap personil baik itu militer maupun Polisi sipil yang telah dan sedang melaksanakan suatu misi penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa. Pemberian medali ini diikuti dengan sertifikat yang ditanda tangani oleh komandan pada setiap misi tersebut.

Sedangkan Contingent meeting adalah pertemuan yang dilakukan oleh setiap kontingen suatu negara yang bertugas di tempat yang terpisah dimana kontingen tersebut bisa bertemu dan membagi informasi. Contingent meeting adalah merupakan hak dari setiap kontingen untuk melaksanakan bertemuan yang bisa dilaksanakan 3 kali maksimal dalam 1 tahun penugasan. Biasanya dalam salah satu contingent meeting tersebut dilaksanakan upacara Medal Parade, seperti yang dilaksanakan oleh kontingen garuda Bhayangkara Police Advisor Indonesia yang melaksanakan Contingent Meeting dan Medal Parade di Elfashir pada tanggal 17 Pebruari 2009.








No comments:

Post a Comment