Thursday, October 18, 2012

Cerita Yang Tercecer Dari Pengalaman Mengikuti Misi Perdamaian PBB di Darfur Sudan (5)




Cross Culture Understanding
Hidup dan bekerja di suatu organisasi internasional tentunya akan banyak berhubungan dan berinteraksi dengan orang orang dari negara bahkan benua lain. Pengetahuan tentang Cross culture understanding atau pemahaman tentang budaya dan kebiasaan orang lain harus benar-benar dipahami oleh setiap personil yang akan bertugas jika tidak, culture shock yang tidak jarang berujung pada konflik antar sesama akan terjadi.

Membawa adat istiadat daerah kita dan menganggap bahwa apa yang biasa kita lakukan dirumah kita, adalah yang paling baik atau yang paling masuk akal adalah suatu awal dari terjadinya konflik.

Demikian juga dengan pangkat dan jabatan yang kita sandang di negara kita, hendaknya itu tidak dibawa-bawa ketempat tugas di suatu misi PBB yang biasanya adalah ‘Rankless Mission’. Kita yang berpangkat besar dan biasa dilayani puluhan pembantu dan ajudan hendaknya meninggalkan kebiasaan itu kalau tidak ingin ditinggalkan oleh lingkungan sekitar. Kalau kita terus bertindak seperti itu jangan salahkan bila orang akan bicara ‘Who do you think you are ? ‘ Emang eloe pikir eloe siapa ?



No comments:

Post a Comment