Friday, October 12, 2012

Melakukan Hal Hal Kecil Dengan Dampak Yang Besar Bagi Image Kepolisian




Oleh Oleh dari Jepang..

Filosofi kepolisian dimana polisi merupakan bagian masyarakat sangat diperankan dengan baik oleh kepolisian Jepang, hal tersebut dilihat dari fenomena masyarakat datang kekantor polisi dan dilakukan tanpa sungkan serta tanpa harus ada urusan terlebih dahulu dengan kriminalitas.

Konsep polisi dengan masyarakat  ataupun polisi merupakan bagian masyarakat merupakan ciri dari polisi Jepang, selain faktor yang mendukung masyarakat juga dari faktor dari kepolisian Jepang itu sendiri, mulai dari pelayanan operasional yang disesuaikan dengan permintaan atau tuntutan masyarakat seperti contoh adanya peneltian pendapat masyarkat terhadap kinerja operasional kepolisian Jepang tentang bagaimana meningkat fungsi koban maupun patroli yang dilakukan oleh petugas dari bagian community police.

Ada permintaan yang dapat dikatakan saling berlawanan yaitu “ingin patroli oleh petugas polisi koban ditingkatkan” dan “ingin petugas polisi selalu berada di koban” hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Jepang benar benar memiliki harapan yang tinggi pada aktivitas petugas community police (chiiki-keisastu) sebagai inti dari koban.

Disini terlihat bahwa diperlukan kepekaan kita terhadap tuntutan masyarakat yang selalu berubah dimana tatanan masyarakat Jepang cepat berubah mengikuti perkembangan zaman, dengan itu peran polisi dalam berhubungan masyarakat sangat besar dan terdapat kebiasan dari dahulu yang diajarkan para orang tua di Jepang terhadap anaknya agar apabaila ada masalah agar bertanya kepada polisi ataupun minta tolong kepada petugas polisi, maka dampaknya polisi dianggap tugas yang paling mulia di Jepang dan ini sangat dipahami oleh setiap petugas polisi Jepang.

Hal ini terlihat  salah satunya terdapat ruang konsultasi disetiap koban maupun Police Station dan ini sangat membantu polisi Jepang di dalam menjalin hubungan masyarakat. Di tempat koban  dimana saya melakukan study comperatif, ada pengalaman menarik terdapat masyarakat  berkonsultasi dengan petugas koban berkaitan “bagaimana mencari kamus bahasa inggris untuk anaknya yang besok akan melaksanakan ujian karena toko sudah pada tutup” kemudian petugas koban mencari solusinya dan setelah itu mengucapkan terima kasih kepada petugas koban, hal ini sangat menarik perhatian saya,

Hal itu berlaku juga pada sistem operasional pelayanan kepolisiaan, fakta tersebut dilihat dari persentase laporan serta pengaduan  ke command center 110 atau ke Police Station dan koban setiap harinya hampir 95 % merupakan keluhan, permintaan batuan, atau meminta informasi yg tidak ada kaitannya dengan laporan tindak pidana. untuk akses ke command center 110 memang sangat mudah di akses oleh setip masyarakat Jepang untuk meminta bantuan atau menanyakan informasi kepada polisi, sampai hal hal yang kecil yang tidak berkaitan dengan tugas kepolisian Jepang.

Seperti hasil pangamatan dan pengalaman yang saya alami dari Police Station Fuse “adanya orang ibu yang melapor ke command center karena ada kucing didepan pintu apartemen setelah pulang kantor.” Dan ini langsung ditanggapi oleh petugas koban yang ada di lapangan, kejadian kecil seperti ini yang tidak berkaitan dengan tugas kepolisian sering terjadi setiap harinya, seperti tetangga rumahnya sudah ribut tiap hari, atau ada suara bising didepan rumah, sampai melaporkan ada binatang babi di pekarangan rumahnya yang akhirnya binatang babi  tersebut sampai dibawa ke Police Station Fuse untuk diamankan dan diberikan ke bagian lost and found, Police Station Fuse sudah seperti kebun binatang bukan babi saja tapi banyak bermacam binatang.

Pengalaman ini menjadi menarik bagi kelompok saya yang sedang comperaty study di Police Station Fuse, yang akhir kami meminta kepada petugas polisi dari Police Station Fuse Mr. Sakomoto dari bagian Community Police yang bertugas sebagai pendamping kami untuk memberitahu kami apabila ada laporan atau aduan dari masyarkat seperti kejadian tersebut.

Pengalaman lapangan tersebut, merubah pandangan saya di dalam memahami operasional kepolisian yang berkaitan dengan pelayanan,  karena sebelum datang ke Police Station Fuse kami mendapat gambaran bahwa Police Station Fuse merupakan Police Station dengan statistik kejadian paling banyak  dan sibuk dari 64 Police Station di Osaka, maka yang saya pikirkan waktu  itu bagaimana operasional kepolisian yang berjalan di Police Station Fuse.

Dari pangalaman itu saya mendapat pejaran yang berharga yaitu polisi merupakan bagian masyarakat dan masyarakat  berhak atas apa yang diprioritaskan di dalam pelayanan kepolisian yang diberikan.

Selama ini kita beranggapan bahwa apa yang menjadi prioritas atau yang penting bagi kepolisian namun ternyata hal itu belum tentu penting bagi masyarakat. Disisi lain hal-hal yang tidak menjadi prioritas menurut  kita, ternyata sangat penting bagi masyarakat.

Apa yang saya uraikan diatas saya mendapatkan gambaran bahwa banyak keluhan dan pengaduan masyarakat yang berkaitan dengan hal-hal yang menurut kami kecil namun bila dilaksanakan secara konsisten, maka akan sangat membantu di dalam menjalin hubungan dengan masyarakat. Hal ini akan menimbulkan penilaian positif karena polisi selalu dibutuhkan masyarakat.

Satu pembelajaran kecil kami dapatkan, bahwa di kepolisian Jepang walaupun dihadapkan pada kompleksitas tugas yang cukup rumit tetapi masih memperhatikan hal-hal kecil yang terjadi dalam masyarakat, karena bentuk penyelesaian terhadap hal kecil tersebut ternyata memberikan kontribusi yang sangat besar bagi penciptaan image dan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga kepolisian.

No comments:

Post a Comment