Thursday, October 11, 2012

Ontang Anting



Ontang Anting:

Cerita ini sederhana saja,, tentang sebuah permainan yg bernama ontang anting

Kita naik diatas sadel yang diputar mengelilingi porosnya.. Sadel bisa saja berupa kuda-kudaan, atau binatang lainnya. Tidak terlalu banyak yang antri disana, karena banyak permainan lainnya selain permainan ini..

Mungkin Tora-Tora lebih menarik, atau niagara-gara, atau rumah boneka. Semua permainan yang saya sebutkan diatas adanya di Dunia Fantasi.

Bahkan di lokasi yang paling menarik dimuka bumi ini, Universal Studio, Disneyland, ontang-anting selalu ada,. Dalam bahasa Inggris lebih dikenal sebagai carousel (komedi putar).

Kenapa saya menceritakan permainan ini?

Komedi putar mungkin tidak menarik bagi sebagian besar orang,. Bagaimana tidak? Kalau dibandingkan dengan Spider-man, scoobydoo, The Mummi,, ontang-anting itu biasa banget. Berputar-putar saja dan tidak menantang. Kurang meningkatkan adrenalin.

Namun, cobalah lihat semua tempat wisata yang menyediakan permainan-permainan tersebut; Dunia Fantasi, Disneyland, Universal Studio, dan lain-lain, maka antrian ontang-anting adalah tempat dimana orang tidak begitu banyak ada. Jumlah antrian yang ada tak sebanyak permainan lain yang mengular luar biasa dan menyita waktu. Bahkan kalau kita beruntung, bisa beberapa kali kita bermain disana, sementara permainanan lain masih mengantri luar biasa,.

Sama dengan ontang-anting, ada permainan lain yang tidak menunggu panjang.

Ada juga yang "pasti dapat" dalam antrian permainanannya seperti "Water World" dimana begitu pintu dibuka, maka ratusan orang termuat untuk menyaksikan drama film water world yang divisualisasikan dalam adegan sebenarnya.

Menarik menceritakan permainan-permainan tersebut dari sisi yang lain. Saya yakin rekan-rekan sebagian besar sudah pernah berkesempatan memasuki lokasi wisata yang saya sebutkan diatas, bilapun belum berkesempatan, Insya Allah ada kesempatan kesana.

Apa yang ingin saya ceritakan dari sisi yang lain dalam kesempatan ini adalah, sebagian dari sisi kehidupan kita yang bisa dianalogikan dengan kesempatan kita untuk mencoba permainan-permainan tersebut.

Ada kalanya dalam karir kita, sebagian besar dari kita "bermimpi" untuk mengikuti "permainan" favorit, seperti menjadi kasat lantas favorit, kasat reskrim favorit, kapolres favorit, dirlantas favorit, dir reskrim favorit, dll yang memang di asosiasikan sebagai jabatan favorit.

Namun apa yang terjadi,,?? Alih-alih menduduki jabatan tersebut, malah sebagian dari kita terlalu lama mengantri dan tanpa sadar, ternyata hari sudah sore dan tempat tersebut harus sudah tutup, ataupun kalau masih berkesempatan, kita hanya sekejap saja mendudukinya.

"Tempat-tempat favorit" itu pada waktunya tidak akan menjadi favorit lagi ketika kita tahu bahwa disana adalah tempat yang terlalu memacu jantung, penuh resiko dan sangat tidak sebanding dengan "kesenangan" yang kita harapkan..

Sementara kalau kita menoleh sejenak ke lokasi "jabatan" lain yang tidak favorit, seperti ontang-anting, maka akan terlihat teman-teman kita tetap bergembira dengan permainan tersebut bahkan sampai beberapa kali mengulang. Sebentar kemudian kita lihat mereka sudah mencoba permainan lain sementara kita masih menunggu antrian yang begitu panjang ini..

Hidup ini memang aneh,.

Barangkali tahun 2012 ini baik buat kita untuk menoleh ke beberapa "permainan" lain selain "permainan" favorit yang masih kita tunggu. Tanpa terasa, hari makin petang, dan sebagian dari kita belum sempat "bergembira" bermain dalam ladang pengabdian yang kita inginkan. Kenapa kita tidak merubah orientasi pikiran kita, bahwa "kegembiraan" atau "pengabdian" kita bisa diladang apa saja??

Percaya atau tidak, kalau saat ini Polri kesulitan menemukan anggota yang ahli psikologi, ahli logistik, ahli perencanaan, ahli hubungan luar negri, ahli komunikasi, ahli forensik, ahli polmas, dan berbagai ahli lainnya..

Dan,, Polri lebih sulit lagi menemukan ahli reserse yang mampu berkomunikasi dengan baik,. Ahli intelijen yang mampu menggalang siapapun, ahli lalulintas yang mampu berfikir strategis membaca perkembangan populasi dan dampaknya bagi kemacetan... Wow,, permainan yang menyengat kalau kita bisa berada disana...

Banyak sekali "ruang permaian..*baca ruang pengabdian" yang sangat indah untuk dinikmati apabila kita benar-benar merasakan inilah dunia kita sebenarnya.

Aaahhh,,, saya cuma mengigau sore hari disini, karena saya yakin sebagian besar teman-teman saya di Indonesia sana sedang nyenyak tidur..,

Tapi saya senang sekali kalau pada waktunya pagi ini rekan-rekan bangun dan setelah beribadah pagi berkesempatan membaca ini menjadi tersenyum...

Ini hanyalah ucapan selamat pagi saya kepada rekan-rekan yang saya cintai dimanapun berada,,,

Selamat berkarya, selamat ber ontang-anting sahabat...

No comments:

Post a Comment