Thursday, October 11, 2012

Suarakan Aspirasimu Anak Muda..


Kita mungkin masih ingat kata-kata Bung Karno, “Beri aku seribu orang, dan dengan mereka aku akan menggerakkan Gunung Semeru! Beri aku sepuluh pemuda yang membara cintanya kepada Tanah Air, dan aku akan mengguncang dunia!”


INILAH petikan pidato Presiden Soekarno yang benar-benar menggetarkan. Mengapa seorang Bung Karno mengatakan hal seperti itu? Apa yang menyebabkan pemuda begitu hebat di mata seorang pemimpin besar seperti Bung Karno?

Bung Karno memang menjadikan pemuda sebagai garda terdepan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Bahkan hanya dengan sepuluh pemuda tangguh, dia yakin akan mengguncangkan dunia. Kenyataannya, kemerdekaan Indonesia memang diraih dengan semangat kepemudaan yang tinggi, dilakukan oleh orang-orang muda yang progresif, dinamis, berani, heroik dan sedikit nekat. Modal inilah yang telah menjadikan bangsa ini dapat meraih kemerdekaannya. Karena tanpa keberanian, tanpa sedikit nekat, mungkin proklamasi kemerdekaan sulit terwujud.

Sejarah menunjukkan bahwa proklamasi terjadi setelah beberapa orang pemuda yang dipimpin oleh Chaerul Saleh “menculik” Soekarno dan Hatta untuk segera memproklamirkan kemerdekaan RI.
Para pemuda itu telah kehilangan kesabaran pada PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang terkesan lamban.
Proklamasi Kemerdekaan RI memang kemudian terjadi setelah peristiwa Rengasdengklok tersebut, yang membuktikan bahwa peran pemuda dalam mengubah sebuah kebuntuan, memang tak terbantahkan.

Gerakan pemuda dan termasuk di dalamnya mahasiswa kadang memang memiliki kekuatan yang tidak terduga. Sejarah membuktikan, perubahan bangsa banyak dimulai oleh gerakan kepemudaan dan mahasiswa. Gerakan pemuda dan mahasiswa Argentina (1955) misalnya, berhasil meluluh-lantakkan kekuasaan diktator Juan Veron. Gerakan pemuda dan mahasiswa Kuba (1957) juga berhasil menghancurkan diktator Batista. Keberhasilan itu juga tercermin pada gerakan reformasi pemuda dan mahasiswa Indonesia tahun 1998.

Milis ini berisi ribuan alumni Akpol. Saya yakin banyak sekali ungkapam yang ingin disampaikan, tapi anak2 muda ini masih segan dan enggan karena berbagai faktor.

Ayo suarakan aspirasimu...!

No comments:

Post a Comment